Monday, July 17, 2023

Lamunan Pekan Biasa XV

Selasa, 18 Juli 2023

Matius 11:20-24

20 Lalu Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya: 21 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung. 22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu. 23 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih berdiri sampai hari ini. 24 Tetapi Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan dari pada tanggunganmu."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang-orang baik akan disayang oleh Tuhan. Mereka banyak menerima anugrah dari Tuhan.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa kaum abai Tuhan dan pendosa dibenci oleh Tuhan. Di duniapun mereka akan mengalami nista dari Tuhan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun kaum pendosa hidup berseberangan dengan kehendak ilahi, Tuhan adalah kasih sehingga di dunia ini terhadap mereka yang menutup diri dalam gelimang nafsu dan egoismenya rahmat kebaikan-Nya tetap disediakan untuk dinikmati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa karya kebaikan Tuhan terarah untuk siapapun sehingga yang berseberangan juga ikut merasakan. 

Ah, pendosa itu selalu jauh dari anugrah Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...