Wednesday, July 19, 2023

Lamunan Pekan Biasa XV

Kamis, 20 Juli 2023

Matius 11:28-30

28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kalau memiliki beban yang terasa berat orang dapat mencari nasehat bijak. Di situ dia berharap mendapatkan perasaan tenang.
  • Tampaknya, untuk menghadapi masalah-masalah orang bisa mencari pendamping ahli. Di situ dia bisa berlatih problem solving (mengurai dan menyelesaikan masalah).
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun datang ke orang bijak dan ahli mengurai masalah dapat membantu yang berbeban hidup, orang akan mengutamakan membawa berbagai soal hidup ke dalam relung hati yang akan membuat hidup diwarnai oleh keikhlasan dan kesediaan berkurban yang semuanya mengalirkan ketentraman. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati kalau menanggung beban apapun orang akan pertama-tama memasukkan dalam hati dan merenungkannya sehingga jiwa selalu diwarnai keceriaan.

Ah, untuk meringankan hidup harian yang penuh beban orang harus rekreasi.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...