Saturday, July 8, 2023

Lamunan Pekan Biasa XIV

Minggu, 9 Juli 2023

Matius 11:25-30

25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya. 28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. 29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. 30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, yang namanya tanggungjawab itu kerap dikatakan berat. Ada yang mengatakan hidup akan ringan, misalnya sesudah pensiun, karena sudah tidak memiliki tanggungjawab.
  • Tampaknya, keharusan melakukan pekerjaan memang dapat menjadi beban hidup. Orang dapat merasa enak kalau segalanya sudah dikerjakan oleh orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun yang namanya tanggungjawab dapat menjadi beban yang menuntut pengerjaan, orang justru tak akan menemukan kebahagiaan sejati kalau tak memiliki sedikitpun. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa seberat apapun kalau itu merupakan beban tanggungjawab akan menghadirkan keringanan hidup yang amat menceriakan bagi pelakunya.

Ah, paling enak itu duduk-duduk tanpa beban tapi rejeki mengalir.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...