Tuesday, July 11, 2023

Lamunan Pekan Biasa XIV

Rabu, 12 Juli 2023

Matius 10:1-7

1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, 6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang Katolik tahu bahwa salah satu identitasnya adalah berjiwa misioner. Itu kerap dipahami sebagai mewartakan Kristus.
  • Tampaknya, untuk mewartakan Kristus orang dapat berpikir harus memiliki pengetahuan tentang Tuhan. Dia harus membaca dan memperdalam ilmu-ilmu keimanan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pengetahuan tentang hidup keagamaan dapat mendudkung tugas pewartaan iman, pewarta iman sejati adalah penyadar sisi baik dalam keadaan apapun yang dihadapi oleh setiap orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mampu menemukan dan memberitakan hal-hal baik sekalipun di tengah yang tidak baik.

 

Ah, pewarta iman itu ya guru agama.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...