Monday, July 3, 2023

Lamunan Pekan Biasa XIII

Selasa, 4 Juli 2023

Matius 8:23-27 

23 Lalu Yesus naik ke dalam perahu dan murid-murid-Nyapun mengikuti-Nya. 24 Sekonyong-konyong mengamuklah angin ribut di danau itu, sehingga perahu itu ditimbus gelombang, tetapi Yesus tidur. 25 Maka datanglah murid-murid-Nya membangunkan Dia, katanya: "Tuhan, tolonglah, kita binasa." 26 Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" Lalu bangunlah Yesus menghardik angin dan danau itu, maka danau itu menjadi teduh sekali. 27 Dan heranlah orang-orang itu, katanya: "Orang apakah Dia ini, sehingga angin dan danaupun taat kepada-Nya?"

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada umumnya orang pernah mengalami hal atau peristiwa yang menakutkan. Apalagi kalau hal atau peristiwa itu bisa mengancam hidup.
  • Tampaknya, berhadapan dengan yang seperti itu orang sungguh mudah ketakutan. Bahkan bisa jadi orang bingung mencari pertolongan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun berhadapan dengan berbagai macam ancaman, orang bisa memiliki ketenangan hati sehingga juga bisa tidur dengan nyenyak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar akan adanya tuntunan dan pelindungan daya surgawi sehingga memiliki ketentraman dan ketenangan batin sekalipun menghadapi gangguan dan ancaman.

Ah, ketakutan itu normal kalau berhadapan dengan ancaman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...