Friday, July 14, 2023

Tamu Calon Tamu

Ketika jarum jam hampir menunjuk angka 12.15 pada Rabu 12 Juli 2023 Rm. Bambang sampai Domus dan pindah dari dalam mobil ke kursi rodanya. Bu Rini dan Bu Katrin mengantar Rm. Bambang dari RS Panti Rapih. Dia baru saja menerimakan Sakramen Minyak Suci untuk paman kedua ibu itu. Tepat mobil yang mengantar Rm. Bambang sampai Domus, ada mobil lain berawarna putih. Dari mobil itu keluarlah beberapa ibu dengan seorang anak usia SD. "Kira-kira tamune sapa ya? Romo Sari apa Monsinyur ya? (Kira-kira mereka tamu siapa? Tamu Rm. Sari apa Mgr. Blasius?) Rm. Bambang bertanya dalam hati. Tamu-tamu itu tampak ceria dan menyapa Rm. Bambang karena sepertinya sudah mengenal dengan baik.


Ketika sampai ruang besar Domus, tamu-tamu yang mungkin untuk Rm. Sari atau Mgr. Blasius, duduk di bangku yang biasa tersedia untuk tamu. Rm. Bambang menengok ke belakang dan bertanya "Badhe kepanggih sinten?" (Akan berjumpa dengan siapa?). Jawaban salah satu ibu cekup menjadi kejutan bagi Rm. Bambang. Beliau berkata "Nggih badhe sowan Rm. Bambang" (Kami akan menghadap Rm. Bambang). Maka mereka diminta duduk di kursi-kursi depan kamar Rm. Bambang. "Kami ini wakil dari WKRI Bintaran. WK badhe kunjungan ing Domus. Yen saget dinten Minggu Juli menika" (Kami adalah wakil dari Wanita Katolik RI Paroki Bintaran. Kami akan berkunjung di Domus. Kalau bisa hari Minggu untuk bulan Juli. Mengingat Rm. Bambang biasa diminta oleh Rm. Hartanta, Direktur Domus, untuk ikut menyambut tamu, dia berkata "Waduh, saya semua hari Minggu Juli sudah punya acara". Akhirnya ditawarkan pada Minggu 13 Agustus 2023. Ibu-ibu itu setuju. Rm. Bambang mengatakan bahwa akan menyerahkan keputusan kepada Rm. Hartanta. Pada jam 13.05 Rm. Bambang menulis ke Rm. HArtanta "Romo, tgl 13 Agustus jam 9 wonten ibu-ibu WK Bintaran. Duapuluhan tiyang. Berkah Daleeeem" (Romo, besok tanggal 13 Agustus 2023 jam 09.00 akan ada ibu-ibu Wanita Katolik Bintaran bettamu. Duapuluhan orang. Berkah Daleeeem). Ternyata Rm. Hartanta menjawab "Siappp". Satu hal yang diucapkan ketika ibu-ibu akan pulang "Suk aja lali tuku batik yaaa" (Jangan lupa besok beli batik ya). "Jelaaaas" kata salah satu ibu. Bahkan saat itu mereka malah membeli beberapa potong.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...