Tuesday, July 18, 2023

Beragam Agama Sahabat Domus

"Bapakne Rachel nika mboten Katolik?" (Apakah ayah Rachel tidak Katolik?) tanya Rm. Hartanta pada hari Senin 17 Juli 2023 karena yang bersangkutan tidak ikut Misa Minggu 16 Juli 2023. Pada waktu itu ayah Rachel memang terlihat oleh Rm. Hartanta hanya menjaga Chrisel, anak Rachel dan Tian. Rm. Bambang kemudian menjawab bahwa beliau adalah warga Gereja Pantekosta Magelang. Pada waktu itu Keluarga Bu Rini mengadakan peringatan 1 tahun wafat Bapa Winni, suami Bu Rini. Rachel adalah menantu Bu Rini. Keluarga besan dari Magelang ikut datang. Besan Bu Rini yang warga Pantekosta itu sebenarnya sudah cukup akrab dengan Domus Pacis karena kerap ikut mengunjungi Rm. Bambang. Bahkan beberapa kali juga pergi bersama Rm. Bambang.

Sebenarnya pada waktu itu yang tidak Katolik tetapi ikut datang juga ada lainnya. Terlihat 4 orang ibu dan 3 orang gadis ber-hijab. Salah satu ibu berhijab datang bersama suaminya yang juga Islam. Mereka adalah keluarga Bu Rini. Adik-adik Bu Rini, yang kesemuannya perempuan, adalah muslimat. Mereka adalah Bu Datik, Bu Ida, Bu Katrin, dan Bu Titik. Bu Datik tinggal di Surabaya. Kalau Bu Titik datang bersama suami dan putrinya, sedang Bu Katrin datang bersama suami dan kedua anak gadisnya. Adik-adik Bu Rini juga termasuk akrab dengan Domus terutama Rm. Bambang. Bahkan Bu Katrin tak jarang menyopiri mobil mengantar untuk keperluan Rm. Bambang. Bahkan Bu Katrin juga beberapa kali mengantar pulang Rm. Bambang ke Domus di malam hari ketika selesai melayani Misa di tempat tertentu. Barangkali karena sudah merasa nyaman dengan kondisi Domus, ada yang beberapa kali melakukan sholat di kamar Rm. Bambang dengan tikar. Bahkan pada waktu magrib Minggu 16 Juli 2023, semua yang Islam melakukan sholat di mess tidur karyawan perempuan Domus Pacis Santo Petrus.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...