Monday, July 10, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Benediktus, Abas

Selasa, 11 Juli 2023

Matius 9:32-38

32 Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. 33 Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: "Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel." 34 Tetapi orang Farisi berkata: "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan."

35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. 37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. 38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, dalam dunia pertanian selain pemilik lahan ada juga para pekerja. Para pekerja mendapatkan nafkah dengan jasa tenaga.
  • Tampaknya, tugas para pekerja pertanian akan memulai dengan mengolah tanah. Sesudah itu mereka akan menanam dan memelihara hingga panen.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun proses kerja pertanian merupakan proses tidak pendek dan membutuhkan kerja keras mulai cocok tanah diteruskan dengan menanam dan memelihara, kalau itu menjadi gambaran perjuangan pewartaan iman, ambil bagian orang justru dalam panenan yang membutuhkan pengolahan agar menjadi kenikmatan yang dirasakan oleh banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan sadar bahwa yang memulai dan memproses warta iman adalah Roh Kudus dan pengikuti Kristus dalam pewartaan iman adalah penjaga dan pengembang hasil karya Roh.

Ah, bagaimanapun juga para misionaris Eropa adalah perintis iman di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...