Tuesday, January 2, 2024

Rahmat Kesendirian


Pada Kamis 28 Desember 2023 jam 09.00 ada pesan WA masuk di HP Rm. Bambang. Pesan itu berasal dari seorang ibu sepuh yang selalu mengikuti status Rm. Bambang. Beliau setiap hari juga selalu membaca https://domuspacispetrus.blogspot.com yang selalu menayangkan RENUNGAN HARIAN, Orang Kudus, HISTORIA DOMUS atau PASTORAL KETUAAN. Itulah tiga hal yang selalu ditayangkan oleh Rm. Bambang dalam narasi singkat yang disebar lewat FB, E-mail, dan WA. Bahkan untuk RENUNGAN HARIAN dia juga menyebarkan dalam TikTok. Barangkali karena hal-hal rutin yang dibuat itu biasa rutin tersebar, sementara itu berbagai berita kegiatan Domus seperti menerima tamu baik rombongan maupun perorangan dan juga ikut mengurus even-even kegiatan Domus, ibu sepuh itu menulis :

"Rm Bambang ga kagungan rasa sayah. Pekerjaan rutin trus jln dg baik mskipun baru disibukkan dg Misa Natal dilanjut bnyk tamu. Smoga jadi berkah bagi smuanya."

Bagaimanapun juga Rm. Bambang mengakui kalau ada tamu dan acara-acara hajatan Domus fisiknya sudah tidak sekuat dulu. Diam-diam keletihan menghinggapinya. Maklumlah, dia biasa bangun di sekitar jam 03.00 pagi dan tidur malam sekitar jam 20.00. Pada pagi jam 09.00 dia biasa istirahat dengan tidur. Dengan demikian kalau ada tamu, baik rombongan atau pribadi perorangan, istirahat itu hilang. Hajatan-hajatan yang biasa terjadi dari sore hingga malam juga membuat Rm. Bambang baru bisa tidur paling cepat jam 21.30. Apalagi kalau harus melayani Misa luar Domus, dia baru sampai Domus pada sekitar jam 22.30. Meskipun demikian, semua itu memang tidak menghalangi Rm. Bambang melakukan pekerjaan rutin terus mengirim 3 kali dalam status medsos. Barangkali ini memberi kesan bahwa Rm. Bambang dalam keadaan capekpun masih bisa menulis. Sebetulnya tidak demikian. Sebagai lansia Rm. Bambang memiliki banyak waktu berada dalam kesendirian. Maka, dia sudah menuliskan renungan-renungan untuk hari-hari yang masih mendatang. Tulisan-tulisan lain yang di-publish juga tak sedikit sudah ditulis pada hari-hari sebelumnya. Dengan demikian dalam ber-medsos-an setiap tayangan bisa seperti mengambil tabungan tulisan-tulisan yang tersimpan sebagai draft.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...