Monday, January 22, 2024

Lamunan Pekan Biasa III

Selasa, 23 Januari 2024

Markus 3:31-35

31 Lalu datanglah ibu dan saudara-saudara Yesus. Sementara mereka berdiri di luar, mereka menyuruh orang memanggil Dia. 32 Ada orang banyak duduk mengelilingi Dia, mereka berkata kepada-Nya: "Lihat, ibu dan saudara-saudara-Mu ada di luar, dan berusaha menemui Engkau." 33 Jawab Yesus kepada mereka: "Siapa ibu-Ku dan siapa saudara-saudara-Ku?" 34 Ia melihat kepada orang-orang yang duduk di sekeliling-Nya itu dan berkata: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! 35 Barangsiapa melakukan kehendak Allah, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa yang namanya keluarga dan saudara adalah yang punya hubungan darah. Maka ada pohon silsilah.
  • Tampaknya, berdasar pohon silsilah orang menemukan yang namanya saudara jauh dan saudara dekat. Yang jauh disebut extended family, dan yang dekat bernama nucleus family.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim xengan kedalaman batin, sekalipun hubungan darah dalam pohon silsilah menunjukkan persaudaraan dan kekeluargaan seseorang, keluarga dan saudara sejati hadir karena kesamaan batin sebagai pelaku suara dalam nurani yang sungguh mampu membuat satu sama lain jauh dari konflik. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang menghayati persaudaraan sejati dalam kesatuan dengan sesama pelaku kehendak Tuhan. 

Ah, yang namanya saudara itu ya sesama keturunan dari sosok tertentu.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...