Thursday, January 4, 2024

Lamunan Hari Biasa Masa Natal

Jumat, 5 Januari 2024

Yohanes 1:43-51

43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" 44 Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus. 45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: "Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret." 46 Kata Natanael kepadanya: "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" 47 Kata Filipus kepadanya: "Mari dan lihatlah!" Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: "Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!" 48 Kata Natanael kepada-Nya: "Bagaimana Engkau mengenal aku?" Jawab Yesus kepadanya: "Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara." 49 Kata Natanael kepada-Nya: "Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!" 50 Yesus menjawab, kata-Nya: "Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu." 51 Lalu kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa seorang guru adalah sosok berilmu. Dia memiliki ilmu pengetahuan yang bisa diberikan kepada muridnya.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa guru yang baik adalah yang bisa menyampaikan dengan jelas sehingga mudah ditangkap oleh murid-muridnya. Ketika mengecek dengan ulangan dan atau ujian dia menemukan jawaban-jawaban sesuai dengan yang diajarkan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun mampu menyampaikan pelajaran dengan jelas kepada murid-muridnya, seorang guru sejati pertama-tama akan mengenal murid-muridnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seorang guru terutama akan mengetahui dan mengenal kebiasaan harian murid-muridnya sehingga terjadi hubungan pribadi guru-murid. 

Ah, guru yang baik adalah yang disiplin datang tepat waktu dalam mengajar.

No comments:

Post a Comment

Jadi Asisten Menerima Tamu

Minggu 14 Juli 2024. Mbak Pariyah, salah satu karyawan Domus, masuk kamar Rm. Bambang yang baru menghadapi laptop. " Ngga, rama, direnc...