Tuesday, January 9, 2024

Selesainya Pemasangan Hiasan Natal


Pada Minggu 7 Januari 2024, sesudah makan siang, terjadi pembicaraan hangat tentang kapan Masa Natal ditutup. Itu terjadi di antara 3 orang rama. Ada yang bilang pada Hari Raya Epifani, yaitu ketika Gereja Katolik merayakan orang-orang majus atau para sarjana atau para raja mengunjungi bayi Yesus. Ada yang bilang pada peringatan Tuhan Yesus dibaptis di Sungai Yordan. Yang berpendapat penutupan terjadi pada Epifani bilang Masa Natal itu ketika Yesus masih bayi. Padahal ketika dibaptis Yesus sudah dewasa. Sementara itu yang bilang Masa Natal ditutup pada Pesta Pembaptisan Tuhan berkata "Dulu liturgi hari biasa atau Pekan Biasa pertama dimulai sesudah Pembaptisan Yesus". 

Sebenarnya dalam diskusi itu tidak ada kesimpulan apapun. Tetapi ada sesuatu yang terjadi yang barangkali diakibatkan adanya diskusi tersebut. Salah satu rama yang terlibat diskusi memanggil seorang karyawan. Karyawan itu diminta untuk menghentikan lebih dahulu pencopotan Gua Natal dalam Kapel Domus. Pada hari itu ornamen Natal juga masih ada dalam gedung Domus. Lampu-lampu kecil yang berkerlap-kerlip selama 24 jam masih menghiasi pagar lantai dua. Kalau malam lampu-lampu kecil itu tampak indah mewarnai kedalaman aula Domus. Bahkan hingga siang tanggal 8 Januari 2024, hari Liturgi Pesta Pembaptisan Tuhan, semua orhamen itu masih ada. Tetapi semua itu telah tidak tampak pada hari Selasa 9 Januari 2024.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...