Monday, July 1, 2024

Rm. Hartanta 15 Tahun Imam


Ini terjadi pada Sabtu sore mulai jam 17.30 tanggal 29 Juni 2024. Rm. Hartanta memimpin Misa dengan semangat dan tampak amat gembira. Selesai membaca Injil beliau "mengabsen" banyak peserta yang hadir. Setiap rombongan dipanggil dan diminta berdiri. Ada kelompok keluarganya. Ada kelompok dari Paroki tertentu. Ada kelompok orang-orang dekat. Ada ada kelompok yang berjumlah paling banyak. Itu adalah kelompok remaja yang berjumlah lebih dari 70 orang termasuk para pendampingnya. "Pengabsenan" itu diakhiri dengan kata-kata "Sekarang yang berbicara Romo Bambang". Pada Jumat 28 Juni 2024 waktu makan bersama beliau berkata kepada Rm. Bambang "Njing sing homili njenengan nggih" (Besok yang menyampaikan homili Anda, ya). Pada Sabtu hari berikutnya sekitar jam 16.00 Rm. Hartanta masuk kamar Rm. Bambang mengingatkan "tugas homili". Itulah latarbelakang mengapa Rm. Bambang pada Misa Sabtu sore itu tampil "berkhotbah". Dia memulai dengan mengajak semua peserta Misa menghafalkan nyanyian pendek. Sesudah hafal, Rm. Bambang mengajak menyanyikan dengan gerakan tangan dan kepala. Dengan nyanyian itu Rm. Bambang menekankan sikap menonjol dari Rm. Hartanta yang di Domus sungguh memperjuangkan diri sebagai "saudara" di antara para rama dan karyawan. Nyanyian itu adalah sebagai berikut :

Suasana amat meriah apalagi didukung oleh kelompok Kor dari Paroki Pringgolayan yang amat apik diiringi dengan keyboard dan seruling. Misa sungguh tampak istimewa ketika sesudah Komuni ada pemotongan tumpeng. Tentu saja berfoto ria terjadi sesudah lagu penutup. Hari itu memang hari istimewa bagi penghuni Domus Pacis Santo Petrus. Kemeriahan tak hanya terjadi di dalam Misa. Sesudah Misa kemeriahan diteruskan di aula. Untuk para penghuni Domus kemeriahan tampak seperti sudah dipersiapkan sejak Kamis sore 27 Juni 2024. Ada 63 remaja bersama 15 pendamping dari Kevikepan Jogja Timur menginap di Domus. Mereka mendapatkan Pendampingan Misioner yang dikomandani oleh Rm. Hartanta. Pendampingan ini ditutup pada Sabtu sore 29 Juni 2024, yaitu Misa yang diwarnai dengan dunia remaja. Rm. Bambang yang diminta berhomili menyampaikan simpanan pelayanan tempo dulu. Maklumlah, dulu Rm. Bambang juga berkerja di bidang misioner. Semua menjadi KADO KHUSUS PERAYAAN 15 TAHUN IMAMAT RM. HARTANTA. Sajian menu santapan sesudah Misa tampaknya menghadirkan gairah keceriaan khusus bagi para tamu tentu terrmasuk para remaja yang ada.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...