Tuesday, July 16, 2024

Lamunan Pekan Biasa XV

Rabu, 17 Juli 2024

Matius 11:25-27

25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa orang-orang besar adalah tempat bernaung yang aman. Dengan status dan jabatannya orang-orang besar mudah melindungi banyak orang.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa kaum cendekiawan adalah tempat untuk mendapatkan pemahaman hidup. Dengan ilmu dan pemikirannya kaum cendekiawan mudah memberikan pengertian bagi banyak pertanyaan dan permasalahan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang besar punya kekuatan dan cendekiawan punya ilmu mendalam, dalam hal memahami kesejatian hidup yang sungguh memberikan hidup aman kaum jelatalah yang menjadi tempat bernaung. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa setinggi apapun status jabatannya dan sebanyak apapun ilmunya orang sungguh kuat dan paham hidup kalau punya landasan jiwa merendah dan hidup menyatu dengan orang-orang biasa.  

Ah, yang kuat itu adalah pejabat dan orang-orang bertitel.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...