Friday, July 19, 2024

Lamunan Pekan Biasa XV

Sabtu, 20 Juli 2024

Matius 12:14-21

14 Lalu keluarlah orang-orang Farisi itu dan bersekongkol untuk membunuh Dia. 15 Tetapi Yesus mengetahui maksud mereka lalu menyingkir dari sana. Banyak orang mengikuti Yesus dan Ia menyembuhkan mereka semuanya. 16 Ia dengan keras melarang mereka memberitahukan siapa Dia, 17 supaya genaplah firman yang disampaikan oleh nabi Yesaya: 18 "Lihatlah, itu Hamba-Ku yang Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan; Aku akan menaruh roh-Ku ke atas-Nya, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada bangsa-bangsa. 19 Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak dan orang tidak akan mendengar suara-Nya di jalan-jalan. 20 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya, sampai Ia menjadikan hukum itu menang. 21 Dan pada-Nyalah bangsa-bangsa akan berharap."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, untuk menjadi orang pilihan di dalam masyarakat, orang harus ikut seleksi. Seleksi itu terwujud dengan adanya pemilihan umum.
  • Tampaknya, agar terpilih orang akan mengkampanyekan tatanan yang dikatakan demi kepentingan umum. Kalau sudah terpilih dia akan memaparkan hal-hal yang harus dilakukan di tengah masyarakat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun seorang tokoh terpilih mempunyai kuasa membuat tatanan umum, seorang tokoh sejati akan dikuasai oleh suara relung hati sehingga dalam memaklumkan tatanan tidak dengan paparan kata tetapi terutama dengan sendiri menjalani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati seorang tokoh akan menata hidup bersama dengan landasan penataan pada dirinya sendiri. 

Ah, kalau sungguh tokoh pasti apa-apa tinggal memerintah.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...