Tuesday, July 9, 2024

Lamunan Pekan Biasa XIV

Rabu, 10 Juli 2024

Matius 10:1-7

1 Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan. 2 Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, 3 Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus, 4 Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.

5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain atau masuk ke dalam kota orang Samaria, 6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang hilang dari umat Israel. 7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah dekat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada keyakinan bahwa Tuhan adalah yang berkuasa atas segalanya. Tuhan adalah asal segala kebaikan sehingga Dia adalah Sang Mahabaik.
  • Tampaknya, ada keyakinan bahwa di hadapan Tuhan tak ada kekuatan buruk dan jahat mendekat. Segala keadaan buruk tersingkir dari-Nya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun hanya Tuhan yang punya kuasa menyingkirkan segala yang keadaan buruk termasuk kejahatan, orang yang sungguh beriman juga mendapatkan kuasa-Nya untuk ikut berpartisipasi memerangi berbagai kejahatan dan nasib buruk. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati setiap orang beriman menjadi tim Tuhan dalam menghadirkan damai sejahtera di dunia.  

Ah, yang namanya manusia itu ya menerima saja nasib yang sudah ditentukan oleh Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...