Tuesday, July 2, 2024

Lamunan Pesta

Santo Tomas, Rasul

Rabu, 3 Juli 2024

Yohanes 20:24-29

24 Tetapi Tomas, seorang dari kedua belas murid itu, yang disebut Didimus, tidak ada bersama-sama mereka, ketika Yesus datang ke situ. 25 Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: "Kami telah melihat Tuhan!" Tetapi Tomas berkata kepada mereka: "Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya, sekali-kali aku tidak akan percaya." 26 Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: "Damai sejahtera bagi kamu!" 27 Kemudian Ia berkata kepada Tomas: "Taruhlah jarimu di sini dan lihatlah tangan-Ku, ulurkanlah tanganmu dan cucukkan ke dalam lambung-Ku dan jangan engkau tidak percaya lagi, melainkan percayalah." 28 Tomas menjawab Dia: "Ya Tuhanku dan Allahku!" 29 Kata Yesus kepadanya: "Karena engkau telah melihat Aku, maka engkau percaya. Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pada zaman kini orang mudah mendapatkan berita. Bahkan banyak berita berseliweran bisa dijumpai lewat media sosial.
  • Tampaknya, pada zaman kini orang harus waspada akan benar salahnya berita. Orang bisa mendapatkan berita bohong atau hoax hasil rekayasa para pembohong publik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun bukti visual sungguh dapat menjamin kepercayaan, berhadapan dengan realita ilahi sekalipun tanpa bukti apapun orang akan selalu ceria hanya dengan percaya begitu saja. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terbuka total pada suara nurani tanpa syarat.   

Ah, asal beragama orang sudah membuktikan diri sebagai orang beriman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...