Saturday, July 20, 2024

Lamunan Pekan Biasa XVI

Minggu, 21 Juli 2024

Markus 6:30-34

30 Kemudian rasul-rasul itu kembali berkumpul dengan Yesus dan memberitahukan kepada-Nya semua yang mereka kerjakan dan ajarkan. 31 Lalu Ia berkata kepada mereka: "Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!" Sebab memang begitu banyaknya orang yang datang dan yang pergi, sehingga makanpun mereka tidak sempat. 32 Maka berangkatlah mereka untuk mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. 33 Tetapi pada waktu mereka bertolak banyak orang melihat mereka dan mengetahui tujuan mereka. Dengan mengambil jalan darat segeralah datang orang dari semua kota ke tempat itu sehingga mendahului mereka. 34 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat sejumlah besar orang banyak, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka seperti domba yang tidak mempunyai gembala. Lalu mulailah Ia mengajarkan banyak hal kepada mereka.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya pada umumnya orang tahu bahwa manusia itu makhluk sosial. Yang menyingkir dari kebersamaan bisa dicap tidak normal.
  • Tampaknya, pada umumnya orang tahu bahwa orang baik akan memiliki kepedulian sosial. Yang memikirkan diri sendiri bisa dicap egoistik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun manusia adalah makhluk sosial dan harus berkepedulian pada orang lain, tanpa melandaskam diri pada sikap personal integral, yang diperoleh dari kebiasaan hening diri, orang justru jadi egoistik. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan memanfaatkan kesempatan kesendirian justru menjadi selalu segar dalam kebersamaan. 

Ah, suka kumpul akan jadi orang baik.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...