Wednesday, July 10, 2024

Saya Imam Legend?

Sebenarnya ini terjadi pada tahun lalu tepatnya 26 Oktober 2023. Itu adalah hari Kamis. Pada waktu itu ada seorang frater dari Seminari Tinggi ikut Misa Harian Domus yang biasa dilaksanakan pada sore hari. Seperti biasa kalau ada rama dan atau frater ikut Misa Domus, frater itu juga diajak makan bersama para rama Domus. Nama frater itu adalah Frater Bene. Seusai makan terjadi omong-omong di antara Frater Bene, Rm. Jarot, dan saya. Ketika Frater bertanya siapa angkatan tahbisan saya, tentu saja saya jawab “Bersama Rm. Kartasudarma dan Rm. Heru”. Selain itu saya masih menambahkan bahwa saya pernah keluar 2 tahun dari Seminari Tinggi. Ketika masuk Seminari Mertoyudan saya bersama cukup banyak romo, yang dua di antaranya adalah Rm. Supriyanto dan Rm. Tri Hartono. Keduanya kini juga menjadi penghuni Domus Pacis Santo Petrus tetapi sudah di kamar terus. Ketika saya menyebut nama Rm. Supriyanto dan Rm. Tri Hartono, dari mimik yang saya tangkap ternyata Frater tidak tahu atau belum pernah tahu. Tetapi ketika saya sebut nama “Romo Heru”, dia langsung menyahut “Oh, Romo Heru Purnomo, ya?” Ternyata Frater menyebut Rm. Heru yang kini berada di Paroki BSB Semarang tempat dimana dulu Frater Bene menjalani TOP. Rm. Jarot kemudian mengatakan bahwa Rm. Heru masih lebih bawah dibandingkan dengan beliau. Dari omong-omong itu saya merasa bahwa bagi para calon imam baru saya termasuk angkatan yang jauh di luar cakrawala pemahaman angkatan imamat. Padahal umur saya kini baru 73 tahun. Ketika Frater bertanya tentang karya di paroki mana saja, saya mengatakan “Dua tahun di Klaten dan kemudian di Salam. Tetapi 27 tahun menjadi tenaga lembaga misioner”. Dalam omong-omong Rm. Jarot menambahkan bahwa saya ikut berperan dalam berdirinya Museum Misi Muntilan. Tiba-tiba Frater berkata bahwa saya “legend”. Karena kurang paham apa itu legend, di dalam kamar saya buka google dan menemukan "Dalam bahasa gaul legend merupakan istilah untuk menyebut seseorang yang telah berjasa memberikan hiburan kepada orang lain dalam hal apapun. (https://madura.tribunnews.com/2023/02/05/arti-kata-legend-dan-gaje-dalam-bahasa-gaul-istilah-kekinian-populer-di-media-sosial-ada-contohnya?page=all).

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...