Sunday, July 28, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Marta, Maria, dan Lazarus, Sahabat Tuhan

Senin, 29 Juli 2024

Yohanes 11:19-27

19 Di situ banyak orang Yahudi telah datang kepada Marta dan Maria untuk menghibur mereka berhubung dengan kematian saudaranya. 20 Ketika Marta mendengar, bahwa Yesus datang, ia pergi mendapatkan-Nya. Tetapi Maria tinggal di rumah. 21 Maka kata Marta kepada Yesus: "Tuhan, sekiranya Engkau ada di sini, saudaraku pasti tidak mati. 22 Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau minta kepada-Nya." 23 Kata Yesus kepada Marta: "Saudaramu akan bangkit." 24 Kata Marta kepada-Nya: "Aku tahu bahwa ia akan bangkit pada waktu orang-orang bangkit pada akhir zaman." 25 Jawab Yesus: "Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati, 26 dan setiap orang yang hidup dan yang percaya kepada-Ku, tidak akan mati selama-lamanya. Percayakah engkau akan hal ini?" 27 Jawab Marta: "Ya, Tuhan, aku percaya, bahwa Engkaulah Mesias, Anak Allah, Dia yang akan datang ke dalam dunia."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, yang namanya hidup dalam diri seseorang kerap dikaitkan dengan bergeraknya organ jantung. Mati berarti jantung berhenti.
  • Tampaknya, yang namanya hidup dalam diri seseorang kerap dikaitkan dengan kegairahan penuh sukacita. Sebuah acara akan disebut mati karena tidak menarik dan membosankan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dirundung kondisi macet tiada kemampuan membuat gerakan, berkat kemesraan dengan relung hati orang akan selalu menemukan daya yang memungkinkan terjadinya gairah hidup yang diliputi sukacita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu menemukan keceriaan dan bahkan kreativitas di tengah kondisi lemah dan tak berpengharapan apapun.    

Ah, bagaimanapun di dalam hidup ini orang bisa tak bisa apa-apa atau mengalami kemacetan.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...