Monday, July 22, 2024

Lamunan Pekan Biasa XVI

Selasa, 23 Juli 2024

Matius 12:46-50

46 Ketika Yesus masih berbicara dengan orang banyak itu, ibu-Nya dan saudara-saudara-Nya berdiri di luar dan berusaha menemui Dia. 47 Maka seorang berkata kepada-Nya: "Lihatlah, ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan berusaha menemui Engkau." 48 Tetapi jawab Yesus kepada orang yang menyampaikan berita itu kepada-Nya: "Siapa ibu-Ku? Dan siapa saudara-saudara-Ku?" 49 Lalu kata-Nya, sambil menunjuk ke arah murid-murid-Nya: "Ini ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku! 50 Sebab siapapun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga, dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang biasa menghubungkan dunia para murid dengan gedung sekolah. Di situ ada pengajar yang disebut guru dan yang menerima pelajaran yang disebut murid.
  • Tampaknya, untuk memacu semangat belajar para murid, guru bisa membuat rangking prestasi murid-murid. Dunia kemuridan bisa menjadi ajang saingan mendapatkan nilai tinggi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam dunia persekolahan para murid dapat saling bersaing nilai, dalam sekolah hidup para murid akan mengembangkan hubungan kekeluargaan sejati karena sama-sama menjadi pelaku kehendak relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa antar sesama penghayat taat pada nurani terjalin hubungan keluarga yang mengatasi hubungan darah silsilah.

Ah, yang namanya keluarga itu adalah yang paling tidak sama-sama cucu kakek dan nenek buyut.

No comments:

Post a Comment

Rm. Vikjen Menginap Domus

Pagi itu, ketika waktu makan Sabtu 14 September 2024, suasana makan sungguh terisi banyak tawa. "Alatnya benar atau salah?" tanya ...