Saturday, June 24, 2023

Luwesnya Para Romo Sepuh Domus

Pada waktu makan siang hari Rabu 21 Juni 2023 Rm. Bambang berkata kepada Rm. Hartanta "Romo anggenipun tindak Jambore Nasional benjang menapa?" (Romo, kapan Anda akan pergi Jambrore Nasional?). Rm. Hartanta memang ikut berperan akan adanya Jambore Nasional untuk anak-anak yang diselenggarakan oleh Karya Kepausan Indonesia. Atas pertanyaan Rm. Bambang Rm. Hartanta menjelaskan akan absen dari Domus Pacis St. Petrus selama beberapa hari mulai dengan 4 Juli 2023. Pertanyaan Rm. Bambang dilatarbelakangi oleh permintaan salah satu warga Katolik untuk memimpin Misa Arwah di rumahnya. Hari yang diminta bertepatan pada saat Rm. Hartanta tak ada di Domus.


"Menapa pas dinten menika Misa Domus saget dipun leksanaaken enjing?" (Apakah pada hari itu Misa Domus dapat dilaksanakan pagi hari?) Rm. Bambang bertanya. Ternyata Rm. Hartanta sebagai Direktur Domus tidak berkeberatan. Beliau juga berkata "Tenang mawon, romo. Kita bersyukur para romo riki gampil lan toleran. Pokokipun kantun informasi Misa dinten menika enjing" (Tenang saja, romo. Kita bersyukur karena para romo Domus mudah dan toleran. Pokoknya diinformasikan saja bahwa Misa hari itu dilaksanakan pagi). Misa Domus memang biasa terjadi pada sore hari jam 17.30. Tetapi pelaksanaan pernah terjadi pada pagi jam 06.30 sebanyak 2 kali. Itu terjadi ketika Rm. Hartanta dan Rm. Bambang sama-sama absen dari Domus di sore hari. Tampaknya permintaan Misa yang akan dilayani Rm. Bambang besok Kamis 6 Juli 2023 akan menjadi kali ketiga dipindahkannya Misa Domus sore menjadi pagi.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...