Saturday, June 3, 2023

Lamunan Hari Raya

Tri Tunggal Mahakudus

Minggu, 4 Juni 2023

Yohanes 3:16-18

16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. 17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia. 18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, gambaran tentang Tuhan itu ada dua macam. Ada yang politeisme dan ada yang monoteisme.
  • Katanya, yang politeisme mengakui ada banyak Tuhan yang berkuasa atas banyak hal yang ada dalam kehidupan. Sedang yang monoteisme hanya percaya akan adanya satu Tuhan yang berkuasa atas segalanya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam pemahaman akan TUhan ada yang menggambarkan adanya banyak dan ada yang hanya satu, yang jelas Tuhan bukanlah obyek matematika tetapi sumber dan labuhan kasih yang menjamin kehidupan sejati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tak akan ribut menghitung-hitung jumlah Tuhan tetapi berhubungan mesra dengan-Nya sebagai jaminan damai sejahtera dalam kehidupan fana dan abadi.

Ah, kalau tak jelas sebenarnya Tuhan ada berapa, lebih baik tak percaya saja.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...