Thursday, June 22, 2023

Lamunan Pekan Biasa XI

Jumat, 23 Juni 2023

Matius 6:19-23

19 "Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya. 20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. 21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. 22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu; 23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, bagaimanapun juga agar tenang hidup ini harus ditopang dengan harta. Kepemilikan harta benda menjadi topangan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
  • Tampaknya, demi tersedianya harta dan benda orang harus bekerja. Dengan bekerja orang berusaha mengumpulkan harta dan syukur memiliki simpanan atau persediaan demi ketenangan perjalanan hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tekun berusaha dan bekerja yang menghasilkan berlimpah harta benda yang diharapkan bisa menjadi peninggalan anak cucu, itu semua bisa melenyap kalau cara mengumpulkannya dilandasi sikap jiwa rakus duniawi abai suara hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati hidup di dunia ini dengan bekerja mengumpulkan harta yang dijalankan dengan berpegang pada nurani sehingga menjadi jaminan sejahtera dunia akhirat. 

Ah, harta akan aman asal uang di simpan di bank dan rumah dijaga satpam.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...