Thursday, June 8, 2023

Lamunan Pekan Biasa IX

Jumat, 9 Juni 2023

Markus 12:35-37

35 Pada suatu kali ketika Yesus mengajar di Bait Allah, Ia berkata: "Bagaimana ahli-ahli Taurat dapat mengatakan, bahwa Mesias adalah anak Daud? 36 Daud sendiri oleh pimpinan Roh Kudus berkata: Tuhan telah berfirman kepada Tuanku: duduklah di sebelah kanan-Ku, sampai musuh-musuh-Mu Kutaruh di bawah kaki-Mu. 37 Daud sendiri menyebut Dia Tuannya, bagaimana mungkin Ia anaknya pula?" Orang banyak yang besar jumlahnya mendengarkan Dia dengan penuh minat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, gambaran orangtua sebagai panutan ada dalam gambaran banyak budaya. Seorang anak akan besar sesuai dengan tuntunan orangtuanya.
  • Tampaknya, kaum dewasa pun harus menempatkan orangtua sebagai panutan. Orangtua memiliki pengalaman jauh lebih banyak daripada anak.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sebanyak apapun pengalaman orangtua dan sebesar apapun jasanya dalam mengembangkan anak, orangtua sejati akan mendudukkan anak sebagai tuan yang harus diabdi dan sebagai lansiapun akan percaya pada tuntunan anak. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati yang menentukan pola hidup dan masa depan dalam keluarga justru yang paling kecil.

Ah, bagaimanapun juga seorang anak harus mengikuti apapun yang ditentukan oleh orangtuanya.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...