Monday, June 12, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Antonius dari Padua, Imam dan Pujangga Gereja

Selasa, 13 Juni 2023

Matius 5:13-16

13 "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. 14 Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi. 15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu. 16 Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, iman seseorang kerap dikaitkan dengan agamanya. Kebiasaan tertentu dalam menjalani agama menunjukkan identitas berimannya.
  • Tampaknya, identitas orang Kristiani ditunjukkan dengan keyakinannya pada Tritunggal Yang Mahakudus. Di dalam doa berdoa orang Katolik dikenal dengan gerakan tangan membuat tanda salib disertai kata-kata “Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus, Amin”.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang dalam beriman bisa terungkap dengan pilihan agama masing-masing yang berbeda satu sama lain, kesejatian beriman apapun agamanya akan terwujud dalam sikap dan perilakunya yang menghadirkan kenikmatan dan cahaya batin bagi sekitarnya sehingga orang memuliakan Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang jadi beriman karena sikap dan perilakunya membuat orang lain sadar nurani.

Ah, bukti beriman itu yang memeluk dan menjalani agama.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...