Wednesday, June 28, 2023

Lamunan Hari Raya

Santo Petrus dan Santo Paulus, Rasul

Kamis, 29 Juni 2023

Matius 16:13-19

13 Setelah Yesus tiba di daerah Kaisarea Filipi, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: "Kata orang, siapakah Anak Manusia itu?" 14 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia dan ada pula yang mengatakan: Yeremia atau salah seorang dari para nabi." 15 Lalu Yesus bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" 16 Maka jawab Simon Petrus: "Engkau adalah Mesias, Anak Allah yang hidup!" 17 Kata Yesus kepadanya: "Berbahagialah engkau Simon bin Yunus sebab bukan manusia yang menyatakan itu kepadamu, melainkan Bapa-Ku yang di sorga. 18 Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya. 19 Kepadamu akan Kuberikan kunci Kerajaan Sorga. Apa yang kauikat di dunia ini akan terikat di sorga dan apa yang kaulepaskan di dunia ini akan terlepas di sorga."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, untuk beriman orang biasa memerlukan pengetahuan agama. Dengan pengetahuan keagamaan orang dapat tahu tentang Tuhan.
  • Tampaknya, makin mendalam dan meluas pengetahuan keagamaannya makin kaya orang akan pengetahuannya tentang Tuhan. Orang juga bisa memahami berbagai penjelasan tentang Tuhan karena adanya banyak ahli agama bahkan alirannya juga bisa beragam.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun orang bisa bangga karena punya macam-macam pengetahuan tentang Tuhan, karena iman juga merupakan hubungan personal individual, orang beriman harus memiliki pemahaman sendiri berdasarkan bisikan hati nurani. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang beriman juga terpanggil ikut ambil bagian dalam pengembangan umat berlandaskan keyakinan personalnya akan Tuhan.

Ah, dalam agama orang harus memiliki gambaran dan pemahaman sama akan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...