Sunday, June 18, 2023

Lamunan Pekan Biasa XI

Senin, 19 Juni 2023

Matius 5:38-42

38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi. 39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu. 40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu. 41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil. 42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu. 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, bagaimanapun juga orang dapat sakit hati kalau dijahati. Membela diri melawan penjahat adalah wajar.
  • Tampaknya, dalam pandangan umum untuk membuat jera orang yang menjahatinya seseorang tidak akan dipersalahkan kalau membalas. Penjahat harus dihentikan perilaku buruknya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun membalas perbuatan jahat itu bisa membuat jera, sesakit hati apapun orang yang dijahati akan menghentikan perilaku buruk dengan perilaku berdasarkan kerelaan hati membiarkannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tetap bersikap terbuka pada yang membencinya bahkan yang bersikap dan berperilaku buruk terhadapnya.

Ah, yang namanya orang jahat kalau dibaiki ya akan semakin merajalela.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...