Wednesday, June 21, 2023

6 Manfaat yang Diperoleh Cucu ketika Dekat dengan Kakek dan Nenek

diambil dari https://www.merdeka.com/sehat

Selasa, 3 Maret 2020 00:40Reporter : Rizky Wahyu Permana


ilustrasi kakek nenek ketawa. shutterstock.com

Merdeka.com - Hubungan keluarga yang dimiliki oleh seseorang merupakan hal yang spesial. Kedekatan dengan keluarga seperti orangtua atau dengan kakek nenek merupakan hal yang penting dilakukan.

Hal ini tidak hanya berguna bagi kedekatan hubungan semata. Kedekatan antara seorang cucu dengan kakek dan nenek juga bisa berdampak baik bagi kesehatan.

Hal ini juga memiliki dampak lain yang jauh lebih luar biasa dari hal tersebut dan berdampak hingga beberapa tahun ke depan. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh cucu dari kedekatan dengan kakek dan nenek mereka.

Membantu Tumbuh dengan Gembira

Penelitian mengungkap bahwa kedekatan dengan kakek dan nenek bisa membuat seseorang lebih gembira. Hal ini membuat mereka lebih dekat secara emosional dan cenderung lebih aman dari depresi ketika telah dewasa.

Mempengaruhi Perilaku Anak

Memiliki kakek dan nenek bisa membantu menurunkan nilai dan norma sosial kepada anak sehingga mempengaruhi perilakukan. Hal ini juga bisa membantu anak untuk mempelajari sejarah keluarga secara tepat.

Membantu Menurunkan Stres di Rumah

Peneliti menghubungkan dekatnya hubungan ini dengan lebih sedikitnya gejala depresi bagi keduanya. Bagi anak, memiliki kakek dan nenek juga bisa menjadi teman main yang menyenangkan dan tepat.

Memberi Dukungan Tambahan bagi Anak

Keberadaan kakek dan nenek memberi dukungan ekstra bagi cucu untuk lebih terbuka dan menyampaikan masalah mereka. Penelitian menyebut bahwa kedekatan ini terutama pada usia remaja bisa berdampak pada berkurangnya masalah perilaku dan emosional.

Membantu Membesarkan Anak

Bagi orangtua yang bekerja, keberadaan kakek dan nenek bisa menjadi cara yang murah dan aman untuk menjaga anak. Selain itu, cara ini juga bisa membuat anak terjaga dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Membantu Anak Mempelajari Berbagai Keterampilan

Seperti telah diungkap sebelumnya, orangtua merupakan sumber yang baik bagi berbagai macam hal termasuk pengetahuan dan kebijaksanaan. Mereka bisa mengajarkan keterampilan dan pengetahuan bagi anak dan membantu mereka mempersiapkan diri pada saat dewasa.

Sejumlah manfaat tersebut bisa diperoleh anak ketika dekat dengan kakek dan nenek mereka. Mengingat lebih banyaknya manfaat dari hal ini, sebaiknya lakukan hal ini terhadap buah hati. [RWP]

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...