Friday, September 20, 2024

Lamunan Pesta

Santo Matius, Rasul dan Penulis Injil

Sabtu, 21 September 2024

Matius 9:9-13

9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. 11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. 13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa agama adalah tempat orang-orang pengejar kebaikan. Dengan beragama orang ingin mendapatkan pegangan perilaku ikut Tuhan.
  • Tampaknya, ada gambaran berperilaku ikut Tuhan berarti taat menjalani ajaran dan tatanan keagamaan. Paling tidak orang harus rajin berdoa dan beribadat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dengan rajin menjalani apapun yang diperintahkan oleh agama, semua tidak akan bermakna kalau tidak dilandasi oleh kehendak utama Tuhan untuk mengembangkan jiwa kasih dan berkepedulian pada yang bersalah. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjalani agama sebagai ungkapan terbuka penuh kasih pada mereka yang tak benar dalam hidup.    

Ah, agama itu bukan tempat bergaul dengan pendosa.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...