Friday, September 6, 2024

Lamunan Pekan BIasa XXII

Sabtu, 7 September 2024

Lukas 6:1-5

1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya. 2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?" 3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar, 4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?" 5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, agama memang amat penting untuk manusia dalam menghayati hidup ber-Tuhan. Agama menjadi kebutuhan batin manusia.
  • Tampaknya, orang memang harus menjalani perintah-perintah agama untuk mendapatkan kebahagiaan mendalaman. Hidup seseorang untuk baik harus berkiblat pada agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun dalam agama ada berbagai bentuk warisan pegangan dalam ber-Tuhan, di dalam menjalaninya agama harus memperhatikan situasi kongkret penghayatnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa keberadaan agama adalah demi kemanusiaan dan bukan manusia demi keagamaan. 

Ah, yang benar itu untuk beriman orang harus taat apapun yang ada dalam agama.

No comments:

Post a Comment

Paguyuban Adiyuswa Kota Semarang

Pertemuan antara para rama Domus dengan rombongan pengunjung dari Semarang sungguh penuh dengan gelak tawa. Itu terjadi pada Senin 16 Septem...