Tuesday, September 24, 2024

Lamunan Pekan Biasa XXV

Rabu, 25 September 2024

Lukas 9:1-6

1 Maka Yesus memanggil kedua belas murid-Nya, lalu memberikan tenaga dan kuasa kepada mereka untuk menguasai setan-setan dan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit. 2 Dan Ia mengutus mereka untuk memberitakan Kerajaan Allah dan untuk menyembuhkan orang, 3 kata-Nya kepada mereka: "Jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, jangan membawa tongkat atau bekal, roti atau uang, atau dua helai baju. 4 Dan apabila kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari situ. 5 Dan kalau ada orang yang tidak mau menerima kamu, keluarlah dari kota mereka dan kebaskanlah debunya dari kakimu sebagai peringatan terhadap mereka." 6 Lalu pergilah mereka dan mereka mengelilingi segala desa sambil memberitakan Injil dan menyembuhkan orang sakit di segala tempat.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kekuasaan memang bisa membuat orang mengejar kemauan. Kalau berjiwa jahat orang bisa menyingkirkan orang-orang sebaik apapun demi tercapainya kemauan.
  • Tampaknya, dengan kekuasaan yang dimiliki orang bisa tak peduli nasib orang lain demi terpenuhinya kemauan. Dia bisa tega terhadap derita banyak orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun dengan kekuasaan orang mampu mengejar kemauan, kalau itu berasal dari Tuhan yang dikejar adalah situasi dan kondisi baik dan terbebasnya orang dari belenggu penderitaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang beriman punya daya Roh Kudus untuk menghadapi kekuatan jahat dan untuk mengembangkan kepedulian pada yang papa dan menderita. 

Ah, dengan daya ilahi orang akan sakti bisa mengalahkan banyak orang.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...