Monday, September 23, 2024

Lamunan Pekan Biasa XXV

Selasa, 24 September 2024

Lukas 8:19-21

19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak. 21 Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau." 21 Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, tak sedikit orang pada masa kini tidak mengalami kedekatan dengan sanak saudara seperti zaman dulu. Pada zaman dulu saudara jauhpun asal masuk dalam daftar silsilah akan bisa seperti saudara kandung.
  • Tampaknya, tak sedikit orang pada masa kini juga mulai merasakan keterbatasan sambung akrab dengan keluarga saudara kandung. Apalagi kalau orangtua sudah tiada, ada yang bilang pemersatu antar sesama anak kandung memudar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun pada zaman kini hubungan persaudaraan dalam keluarga tidak seerat dulu apalagi kalau orangtua sudah tiada, sebenarnya orang sudah mengalami persaudaraan sejati dengan orang-orang yang menjadi sesama taat menjadi pendengar dan pelaku suara relung hati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang yakin bahwa kebersamaan menjadi orang Tuhan apapun agamanya adalah hubungan kekeluargaan sejati.  

Ah, yang namanya keluarga itu ya yang punya hubungan darah.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...