Thursday, September 19, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Andreas Kim Taegon, Imam dan Paulus Chong Hasang, dan Kawan-kawan Martir

Jumat, 20 September 2024

Lukas 8:1-3

1 Tidak lama sesudah itu Yesus berjalan berkeliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa memberitakan Injil Kerajaan Allah. Kedua belas murid-Nya bersama-sama dengan Dia, 2 dan juga beberapa orang perempuan yang telah disembuhkan dari roh-roh jahat atau berbagai penyakit, yaitu Maria yang disebut Magdalena, yang telah dibebaskan dari tujuh roh jahat, 3 Yohana isteri Khuza bendahara Herodes, Susana dan banyak perempuan lain. Perempuan-perempuan ini melayani rombongan itu dengan kekayaan mereka.

Butir-butir Permenungan

  • Katanya, selain kekuatan kebaikan yang berasal dari daya Tuhan, di dalam penghayatan iman orang juga berhadapan dengan kekuatan jahat. Tentu saja kekuatan jahat berasal dari setan.
  • Katanya, salah satu kekuatan jahat adalah adanya ketidakadilan jender. Di tengah masyarakat patriarki kaum perempuan tak diakui perannya, dan dalam masyarakat matriarki yang punya kuasa adalah golongan perempuan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun sudah menjadi kelaziman dan dianggap wajar ada golongan jender yang diberi kekuatan utama entah laki-laki entah perempuan, golongan yang tak diutamakan akan berani tampil berperan dengan usaha dan kekuatan sendiri tanpa menunggu kemurahan kaum utama. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati dalam lingkungan kaum beriman orang tak akan mempersoalan peran berdasarkan jender.      

Ah, bagaimanapun kaum perempuan itu terutama mengurus rumah dan keluarga.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...