Thursday, September 26, 2024

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Vinsensius de Paul, Imam

Jumat, 27 September 2024

Lukas 9:18-22

18 Pada suatu kali ketika Yesus berdoa seorang diri, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Ia bertanya kepada mereka: "Kata orang banyak, siapakah Aku ini?" 19 Jawab mereka: "Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan, bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit." 20 Yesus bertanya kepada mereka: "Menurut kamu, siapakah Aku ini?" Jawab Petrus: "Mesias dari Allah." 21 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras, supaya mereka jangan memberitahukan hal itu kepada siapapun.

22 Dan Yesus berkata: "Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan i  pada hari ketiga."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, di dalam kehidupan umat Katolik ada kegiatan pendalaman iman. Biasanya ada bahan-bahan yang menjadi pegangan pembicaraan.
  • Tampaknya, Kitab Suci biasa menjadi bahan pendalaman iman. Umat peserta biasa membicarakan apa yang tertulis di dalamnya dan dapat memanfaatkan pendapat ahli dari bacaan yang dimiliki.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun biasa membaca dan membahas Kitab Suci untuk pendalaman iman, orang baru sungguh memperdalam iman kalau di dalam hatinya biasa merenungkan kembali hubungannya dengan Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang berkembang atau makin dalam imannya bukan terutama dari mempelajari bahan luar tetapi dari bahan yang ada dalam hati. 

Ah, iman akan mendalam kalau sering ikut seminar keagamaan.

No comments:

Post a Comment

Jadi Katekumen Masuk Sorga Minggu 5

    "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Ker...