Wednesday, December 13, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Yohanes dari Salib, Imam dan Pujangga Gereja

Kamis, 14 Desember 2023

Matius 11:11-15

11 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara mereka yang dilahirkan oleh perempuan tidak pernah tampil seorang yang lebih besar dari pada Yohanes Pembaptis, namun yang terkecil dalam Kerajaan Sorga lebih besar dari padanya. 12 Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga sekarang, Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. 13 Sebab semua nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes 14 dan--jika kamu mau menerimanya--ialah Elia yang akan datang itu. 15 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengar! 

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, seseorang disebut tokoh karena memiliki hal besar tertentu. Hal-hal itu bisa berkaitan dengan kekayaan dan bisa pula karena kedudukan sosialnya.
  • Tampaknya, di dalam kehidupan ini ada banyak tokoh dialami. Besar kecilnya ketokohnya terkait dengan kadar kekuatan pengaruh di kalangan masyarakat luas.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun besarnya kekayaan dan tingginya kedudukan bisa membuat kuatnya ketokohan, kebesaran sejati seorang tokoh akan ditentukan oleh kesediaannya untuk menjadi kecil melayani kepentingan dan kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati makin kuat kesediaan seseorang untuk berkurban mengerjakan tanggungjawab harian yang kecil-kecil makin besarlah pengaruh sosialnya.

Ah, asal kaya dan punya jabatan tinggi orang bisa jadi tokoh besar.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...