Friday, December 8, 2023

Pesta 45 Tahun Imamat

Mayoritas para romo sepuh Domus Pacis Santo Petrus, Kentungan, pernah tinggal di Domus Pacis Puren, Pringwulung. Di Domus Puren para romo mempunyai kebiasaan merayakan ulang tahun imamat. Ini adalah kegiatan Misa diteruskan makan bersama. Tetapi ini terjadi hanya untuk ulang tahun imamat. Sedang ulang tahun kelahiran mau diperingati atau tidak diserahkan pada masing-masing romo. Ternyata dalam kepemimpinan Rm. Hartanta sebagai direktur, sesudah para romo tinggal di Domus Kentungan, hal itu diteruskan.


Kebiasaan itulah yang membuat Domus Pacis Santo Petrus mengadakan hajatan pada Jumat 8 Desember 2023. Dulu pada tanggal 8 Desember 1978 ada 3 orang romo Domus ditahbisan bersama. Mereka adalah Rm. Priyanto, Rm. Tri Hartono, dan Rm. Yadi. Seratus dua puluhan orang tamu datang ikut merayakan. Itu termasuk anggota Kor dari Lingkungan Santo Agustinus Nologaten, Paroki Pringwulung, yang dikomandani oleh Pak Loly. Dibandingkan dengan kebiasaan Misa yang biasa terjadi dalam keseharian, Misa sore itu sungguh terasa sangat istimewa. Selain para romo Domus yang masih bisa ikut dalam Misa Komintas, ada 2 orang romo dari Seminari Tinggi hadir, yaitu Rm. Joko Setyo dan Rm. Cipto. Bahkan Rm. Cipto ikut di altar bersama Rm. Hartanta yang memimpin Misa. Memang, yang tampil menyampaikan sharing hanya Rm. Yadi. Rm. Priyanto dan Rm. Tri Hartono, karena kondisi kesehatannya, harus selalu berada di kamar masing-masing. Ada acara pemotongan tumpeng sumbangan dari Bu Ratih yang juga membawi oleh-oleh lain. Rm. Yadi memotong tumpeng sebelum berkat penutup dan diberikan kepada salah satu anggota keluarga. Memang, dari para peserta ada banyak anggota keluarga dari ketiga romo yang dipestakan. Kegembiraan diteruskan dengan makan bersama dengan santapan yang didatangkan dari catering.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...