Wednesday, December 6, 2023

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja

Kamis, 7 Desember 2023

Matius 7:21.24-27

21 Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

24 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. 25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu. 26 Tetapi setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang bodoh, yang mendirikan rumahnya di atas pasir. 27 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, sehingga rubuhlah rumah itu dan hebatlah kerusakannya."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang sudah merasa ber-Tuhan kalau memeluk agama. Di situ orang memiliki jalan mengalami aroma sorga.
  • Tampaknya, agar sungguh masuk sorga orang akan menjaga kedisiplinan menjalani doa dan beribadat. Dia akan membawa segalanya di dalam doa-doanya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun tidak lupa doa dan ibadat serta membawa segalanya menjadi doa, orang baru sungguh mengalami aura sorgawi kalau tidak lupa berjuang menjalani bisikan relung kalbu. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sungguh ada dalam wilayah kuasa Tuhan karena menomorsatukan apapun yang baik menjadi wujud perbuatan. 

Ah, asal rajin doa dan ibadat orang pasti masuk sorga.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...