Friday, December 29, 2023

Lamunan Oktaf Natal

Sabtu, 30 Desember 2023

Lukas 2:36-40

36 Lagipula di situ ada Hana, seorang nabi perempuan, anak Fanuel dari suku Asyer. Ia sudah sangat lanjut umurnya. Sesudah kawin ia hidup tujuh tahun lamanya bersama suaminya, 37 dan sekarang ia janda dan berumur delapan puluh empat tahun. Ia tidak pernah meninggalkan Bait Allah dan siang malam beribadah dengan berpuasa dan berdoa. 38 Dan pada ketika itu juga datanglah ia ke situ dan mengucap syukur kepada Allah dan berbicara tentang Anak itu kepada semua orang yang menantikan kelepasan untuk Yerusalem. 39 Dan setelah selesai semua yang harus dilakukan menurut hukum Tuhan, kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea. 40 Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, kaum papa dan menderita justru sering menjadi kelompok terpinggirkan. Kepapaan dapat terjadi karena kondisi yang berstatus kecil, lemah, miskin, tersingkir, dan difabel.
  • Tampaknya, pada zaman Tuhan Yesus seorang janda termasuk dalam golongan papa. Para janda tak bisa memiliki hak milik dan tak punya gantungan untuk hidup.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun karena kepapaan menjadi golongan terpinggirkan, kalau memiliki kebiasaan mendekat dalam lingkungan ilahi menjalani agama lebih dari yang diwajibkan, orang akan bisa tampil menjadi pewarta kesejatian hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati sekalipun menjadi golongan kecil tak terpandang orang akan memiliki hati penuh syukur sehingga mampu jadi guru kehidupan.  

Ah, golongan kecil itu yang paling pokok harus dicarikan bantuan.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...