Monday, December 11, 2023

Lamunan Pekan Adven II

Selasa, 12 Desember 2023

Matius 18:12-14

12 "Bagaimana pendapatmu? Jika seorang mempunyai seratus ekor domba, dan seekor di antaranya sesat, tidakkah ia akan meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di pegunungan dan pergi mencari yang sesat itu? 13 Dan Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya jika ia berhasil menemukannya, lebih besar kegembiraannya atas yang seekor itu dari pada atas yang kesembilan puluh sembilan ekor yang tidak sesat. 14 Demikian juga Bapamu yang di sorga tidak menghendaki supaya seorangpun dari anak-anak ini hilang."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa Tuhan itu memegang segala kekuasaan secara mutlak. Dia Mahapemerintah, Mahapembuat hukum, dan Mahapengadil.
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa setiap manusia kelak harus mempertanggungjawabkan segala perbuatan di hadapan Tuhan. Dia akan memberi kenikmatan kekal pada yang baik dan kepada yang buruk kenistaan abadi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, walaupun memiliki kemahakuasaan atas segalanya, Tuhan itu adalah Sang Kasih yang menghendaki semua orang mengalami kebahagiaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa Tuhan akan berjuang bersusah derita untuk mencari siapapun yang ada dalam kesesatan. 

Ah, di hadapan Tuhan yang sesat pasti kena hukuman.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...