Monday, December 4, 2023

Domus Mulai Advenan

Masa Adven tahun 2023 dimulai dengan Liturgi Minggu Adven I pada 3 Desember 2023. Sebelum pandemi Covid-19, ketika masih di Domus Pacis Puren Pringwulung, para romo sepuh biasa ikut Misa di Paroki. Para romo sepuh mengalami Misa yang cukup meriah dipimpin oleh Rm. Paroki, diiringi kesemarakan kor, dan ada petugas tata laksana lain. Para romo sepuh sungguh merasakan adanya hari khusus dalam penghayatan iman Katolik.


Tidak demikian kini di Domus Pacis Santo Petrus, Kentungan. Para romo Domus biasa mengadakan Misa sendiri. Sekalipun sudah tak dapat berdiri, beberapa romo sepuh juga ikut mendapatkan giliran memimpin Misa. Selain Rm. Hartanta sebagai direktur yang masih bisa berdiri, dalam memimpin Misa para romo sepuh duduk di kursi rodanya. Hal ini juga terjadi pada Misa Adven I pada Sabtu sore 2 Desember 2023. Tetapi pada waktu itu Rm. Yadi diantar oleh karyawan pendampingnya keluar Domus untuk memimpin Misa di Kapel Kleben, Paroki Klepu. Padahal Bu Rini, yang biasa ikut menyemarakkan Misa, sedang disibukkan oleh kelahiran cucu. Dari 14 romo yang ikut adalah Mgr. Blasius, Rm. Jarot, Rm. Harto, Rm. Rm. Ria, Rm. Suntara, Rm. Hartanta, dan Rm. Bambang. Kebetulan ada 2 orang karyawan ikut, yaitu Mas Hari dan Mas Abas. Maka Misa Adven I waktu itu hanya diikuti oleh 9 orang termasuk yang memimpin. Kondisi seperti ini bisa dipandang sepi. Tetapi entah bagaimana, suasana Misa tetap diwarnai aura gairah kesemangatan. Mungkin ada hiasan lingkaran Adven dengan 4 lilin sehingga ada upacara pemberkatan lilin Adven. Mungkin ada nyanyian Mazmur dan Alleluia yang dipimpin oleh Rm. Hartanta walalu hanya didukung oleh suara Rm. Ria, Mgr. Blasius, Mas Hari, Mas Abas, dan Rm. Bambang. Mungkin juga karena Rm. Bambang yang memimpin Misa tampak bersemangat. Mungkin suara Rm. Suntara, Rm. Hartanta, Mgr. Blasius, Mas Hari, dan Mas Abas cukup keras dalam menjawab kata-kata liturgis. Maka, walau yang ikut sedikit dan tak seramai di Paroki, Misa Adven I Domus tetap terasa menghadirkan Mas Adven menyongsong Natal 2023.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...