Friday, December 15, 2023

Lamunan Pekan Adven II

Sabtu, 16 Desember 2023

Matius 17:9a.10-13

9a Pada waktu mereka turun dari gunung itu, Yesus berpesan kepada mereka: 10 Lalu murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya: "Kalau demikian mengapa ahli-ahli Taurat berkata bahwa Elia harus datang dahulu?" 11 Jawab Yesus: "Memang Elia akan datang dan memulihkan segala sesuatu 12 dan Aku berkata kepadamu: Elia sudah datang, tetapi orang tidak mengenal dia, dan memperlakukannya menurut kehendak mereka. Demikian juga Anak Manusia akan menderita oleh mereka." 13 Pada waktu itu mengertilah murid-murid Yesus bahwa Ia berbicara tentang Yohanes Pembaptis.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, ada gambaran bahwa di dalam realita ada hal yang sulit dipahami. Bahkan ada yang bilang bahwa itu berada di luar nalar.
  • Tampaknya, yang di luar nalar sering disebut tidak riil. Itu bisa hanya ilusi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, sekalipun hal-hal di luar nalar bisa menghadirkan kebingungan, kalau menjadi pembicaraan khusus dalam aura permenungan, itu justru bisa menghadirkan terang untuk memahami peran tertentu dalam perbaikan hidup. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari adanya cahaya di luar nalar yang menghadirkan penalaran terhadap realita tertentu.

Ah, yang di luar nalar itu jelas hanya ilusi.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...