Wednesday, December 20, 2023

Menuju Perayaan Malam Natal

Kini, ketika berita ini ditulis, Umat Katolik sudah sampai pada hari Kamis 21 Desember 2023. Di dalam liturgi Misa umat mengalami Hari Biasa Khusus Adven, karena sudah melewati Minggu Adven III yang menekankan sukacita makin mendekati Hari Natal. Dalam masa seperti ini pada umumnya paroki-paroki sudah makin sibuk dalam menyiapkan Malam Natal dan Hari Raya Natal 25 Desember 2023. Kalau umat sibuk dengan kegiatan seperti latihan kor, lektor, dan tata laksana liturgi yang lain, para romo bisa disibukkan dengan pelayanan Sakramen Tobat.


Dalam masa seperti itu Domus Pacis Santo Petrus tentu tidak mengalami keramaian kesibukan umat menyiapkan Hari Raya Natal. Bukankah para romo sepuh tidak lagi membantu paroki menerimakan Sakramen Tobat? Bukankah separo karyawan beragama Islam dan yang Katolik bukan orang-orang kor? Sekalipun besok tanggal 24 Desember 2023 jam 17.30 ada Misa Malam Natal, bukankah untuk kor dibantu oleh Kelompok Yosefin dari Paroki Medari?  Meskipun demikian, kalau menyimak yang dilakukan oleh beberapa sosok di Domus, ternyata diam-diam ada juga geliat persiapan Natalan :

  • Rm. Hartanta beberapa hari ini kerap terpaku di laptopnya. Beliau juga minta Bu Rini untuk memintakan teks lagu yang akan dinyanyikan oleh Kor Yosefin di Malam Natal Domus. Rm. Hartanta menyiapkan buku Misa Malam Natal termasuk mencantumkan lagu-lagunya.
  • Rm. Jarot minta teks Maklumat tentang Kelahiran Yesus Kristus dari Rm. Bambang. Beliau mendapatkan tugas homili dalam Misa Malam Natal. Sementara itu Rm. Bambang mendapatkan tugas menyanyikan Maklumat. Ketika berusaha mendapatkan teks Maklumat, Rm. Bambang mendapatkan 2 pemberian dari Rm. Hartanta dan Rm. Subali, Staf Seminari Tinggi.
  • Pada Rabu 20 Desember 2023 ketika akan Misa Harian, Rm. Bambang mengambil gambar persiapan Gua Natal yang dibuat oleh Mas Hari, karyawan Domus, dibantu oleh teman karyawan lain. Mas Hari biasa membuat Gua yang besar dan di dalamnya ada gubugnya. Saat diambil gambarnya oleh Rm. Bambang, gubug untuk menempatkan patung bayi Yesus sudah siap.
  • Rm. Bambang mendaftar umat yang ingin ikut Misa Malam Natal di Domus. Selain 30 orang anggota Kor Yosefin, hingga tulisan ini dibuat ada 53 orang menyatakan akan ikut.
  • Bu Rini, salah satu relawan, mempersiapkan penyediaan konsumsi untuk makan malam bersama sesudah Misa Malam Natal.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...