Saturday, December 2, 2023

Lamunan Pekan Adven I

Minggu, 3 Desember 2023

Markus 13:33-37

33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. 34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. 35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, 36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. 37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, sekali lagi semua orang punya saat meninggalkan dunia. Tetapi semua tak tahu pada hari apa dan jam berapa itu akan terjadi.
  • Tampaknya, agar bisa menghadapi kematian dengan baik orang akan selalu siap diri. Dia akan rajib berdoa, beribadat, dan kegiatan keagamaan lainnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun doa dan ibadat membuat orang selalu ingat Tuhan, untuk siaga berhadapan dengan kematian secara tenang orang pertama-tama justru akan tekun penuh komitmen menjalani tanggungjawab tugasnya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa dengan mengerjakan tugas sebaik-baiknya orang akan menghayati hati tenang berhadapan dengan apapun termasuk kematian. 

Ah, doa adalah kesiagaan utama menghadapi kematian.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...