Sunday, December 31, 2023

Kepedulian Umat Pada Romo Sepuh

Pada Minggu 24 Desember 2023 jam 10.18 Bu Titik Waluyanti mengirim pesan WA di HP Rm. Bambang "Mo, wis ana daftar caos snack?" (Romo, apakah sudah ada daftar penyumbang snack?). Bu Titik (dan Bu Rini) adalah koordinator penyumbang snak untuk Domus Pacis Santo Petrus. Dia mengkoordinasi para penyumbang yang berasal dari Paroki Pringwulung, Paroki Banteng, Paroki Kalasan, Paroki Baciro, Paroki Klaten, dan beberapa teman alumni SMA Stella Duce. Sedang Bu Rini mengkoordinasi yang berasal dari Magelang, Paroki Medari, dan Paroki Brayut. Rm. Bambang akan menentukan hari-hari dan tanggalnya yang menjadi 2 orang koordinator. Karena Bu Titik harus berkoordinasi dengan koordinator lingkungan setempat, dia biasa minta daftar dari Rm. Bambang seminggu sebelumnya.


Rm. Bambang memang seperti ikut bertugas dalam urusan konsumsi Domus. Tetapi yang diemban Rm. Bambang terbatas pada 30 kali penghadiran snak dan even hajatan Domus. Adapun hajatan-hajatan yang terjadi di Domus adalah ulang tahun imamat para romo (7 atau 8 kali dalam setahun), ulang tahun pemberkatan rumah, pembaharuan janji imamat sebelum Kamis Putih, dan Malam Natal / Malam Paskah. Bahkan kini ada tambahan peringatan arwah untuk romo yang pernah tinggal di Domus Kentungan dan sudah wafat. Kecuali pembaharuan janji imamat, semua even selalu membuka kehadiran banyak tamu. Meskipun demikian, tugas terbatas dari Rm. Bambang membutuhkan pembeayaan khusus walau dalam tampilan wajar. Kecuali snak, yang dihadirkan dalam ujud makanan (in natura), yang lain membutuhkan dana keuangan khusus. Rm. Bambang memang berusaha mendapatkan dana sumbangan uang dengan penjualan kain batik. Tetapi hasilnya tentu kurang memadahi untuk menanggung semua kebutuhan. Apalagi seperti bulan Desember 2023 ada 4 kali even : a) Ulang tahun imamat ke 45 untuk Rm. Yadi, Rm. Tri Hartono dan Rm. Priyanto; b) Perayaan Malam Natal; c) Peringatan 7 hari wafat Rm. Sari; dan d) Peringatan 40 hari wafat Rm. Budyapranata. Puji Tuhan, selain penyumbang snak, ada juga para penyumbang dana uang untuk even khusus yang bagi para romo sepuh diharapkan menjadi sarana perjumpaan dengan banyak umat. Maklumlah, para romo sepuh sudah seperti terjauhkan dari derap kehidupan umat dengan tinggal di rumah sepuh.  

Selama bulan Desember 2023 para penyumbang konsumsi adalah sebagai berikut :

  • Penyumbang Snak : Ibu Darsono, Ibu Rini, Ibu Endang Prayitno, Ibu Kanti, Ibu Emma, Ibu Joni, Ibu Tita, Ibu Yosefin Setyawati, Ibu Dwi Umroh, Ibu Debby, Ibu Lucida, Sdri. Lusi, Ibu Atik Nugroho, Ibu Ira Doga, Ibu Jondit, Ibu Chandra, Ibu Yuni, Ibu Rosa, Ibu Nita, Ibu Anna, Ibu Tutik.
  • Penyumbang Konsumsi Lain : Ibu Ambar, Ibu Umi, Ibu Ratmi, Ibu Mardanu, Ibu Nadya, Ibu Lucy, Bapak Blasius Chasto, Apotek Kudu Sehat, Ibu Sri Purwaningsih, Ibu Emiliana Sri Pujiati, Ibu Agnes Kadyartini, Keluarga Patik (5 org), Ibu Rini Wahyudi, Ibu Retno Wiraksi, Ibu M Retha, PUPIP KAS, Bapak Taruno.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...