Friday, December 29, 2023

Tak Minat Liburan?

Pada Jumat 29 Desember 2023 sesudah makan malam Mas Nugroho, salah satu tenaga Domus, berkata kepada Rm. Bambang "Romo mboten gadhah kanca omong-omong bar dhahar" (Romo tak punya teman omong-omong sesudah makan). Yang dimaksudkan oleh Mas Nugroho tentu berkaitan dengan tiadanya Rm. Jarot. Rm. Jarot memang baru tak ada di Domus Pacis St. Petrus. Beliau sedang menikmati liburan dengan keluarga saudara-saudarinya bersama anak cucu. Rm. Jarot memulai liburan dengan pergi ke Purbalingga pada Rabu tanggal 27 Desember 2023. Pada Kamis malam hari berikutnya beliau sudah berada kembali di Domus. Namun demikian pada tanggal 29 Desember itu, ketika para romo mulai Misa Komunitas pada jam 17.30, Rm. Jarot didorong oleh adik iparnya dengan kursi roda untuk pergi lagi meninggalkan Domus. Bersama keluarga beliau berlibur di Wisma Maya, Kaliurang.


Sebenarnya ketika masih di Domus Pacis Puren, sebelum pandemi Covid-19, pada sekitar Natal dan Paskah serta Idul Fitri para romo sepuh mendapatkan kesempatan pulang atau berlibur dengan keluarga. Dulu ada yang beberapa hari berada di rumah bersama keluarga. Setelah berada di Domus Pacis Santo Petrus keadaan sudah lain. Selain Rm. Hartanta, direktur yang masih muda sehingga masih sering mengunjungi keluarga, kini para romo sepuh banyak tidak memanfaatkan kesempatan libur sekalipun akan ada pengantar dengan mobil. Dulu, sejak masuk rumah tua, yang tidak pernah pulang ke keluarga dengan menginap hanya Rm. Bambang. Sesudah berada di Domus Petrus, sejauh diingat oleh Rm. Bambang, yang pernah ambil libur dan menginap di keluarga hanya Mgr. Blasius. Tetapi sesudah itu, hingga kehadiran Rm. Jarot pada 8 September 2023, romo-romo sepuh lain tak ada yang ambil libur. Semua tentu mengingat kondisi fisik yang membutuhkan pelayanan khusus. Pelayanan seperti yang ada di Domus tak dapat diperoleh dalam keluarga. Maka, ketika akan masuk Natalan Rm. Hartanta menawarkan kesempatan libur, hanya Rm. Jarot dan Rm. Suntoro yang memanfaatkan. Rm. Suntarapun hanya menengok sebentar di rumahnya pada tanggal 25 Desember 2023. Padahal dulu setiap libur Natal dan Idul Fitri, ketika masih di Domus Puren, Rm. Suntara pasti tidur di rumah paling tidak 5 hari.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...