Friday, December 1, 2023

Ketika Petugas Misa Terhalang

Rm. Hartanta sebagai direktur Domus Pacis Santo Petrus selalu membuat jadual petugas Misa dan doa makan. Jadual itu menunjuk nama-nama petugas untuk masa dua mingguan. Doa makan selalu terdiri dari 2 romo sepuh, satu pembuka dan satu penutup. Setiap dua romo untuk dua tugas itu menjalani selama seminggu dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Lain halnya dengan petugas Misa. Jadual biasa berlaku dari Senin hingga Sabtu, dan Misa Sabtu bisa menggunakan Liturgi Misa Minggu. Maklumlah, Misa Komunitas selalu terjadi padan sore jam 17.30. Untuk Misa selalu ada petugas memimpin Misa dan lektor. Bisa jadi ada romo yang khusus menjadi petugas pembaca Injil yang juga menjadi penyampai homili harian. 


Pada hari Kamis 30 November 2023 petugas jadual Misa Komunitas adalah sebagai berikut : Lektor oleh Bu Rini, Pemimpin Misa dan Pembaca Injil serta Homili oleh Rm. Jarot. Tetapi pada waktu makan siang Rm. Hartanta bilang "Kula mangke nengga Rm. Joko oprasi ing Panti Rapih jam tiga. Rm. Bambang nampekaken Komuni nggih" (Nanti sata menunggu Rm. Joko yang akan oprasi di RS Panti Rapih jam 15.00. Rm. Bambang menerimakan Komuni, ya). Maklumlah, kalau Rm. Hartanta ikut Misa, beliaulah yang menerimakan Komuni. Pada jam 14.46 ada WA dari Rm. Hartanta masuk di HP Rm. Bambang "Operasi mundur. Masih menunggu dokternya selesai operasi di RSUD". Kebetulan pada jam 11.54 Rm. Bambang dapat WA dari Bu Rini "Engko bar nutup toko ke domus sama chrisel ..... mas prono le bisa antar sore ..... ora iso melu misa ki" (Nanti sesudah tutup toko jam 17.00 ke Domus dengan Chrisel, cucu ..... Mas Prono yang nyopir bisanya ngantar pada sore hari ..... Tidak Misa ikut Misa). Karena dalam jadual sore itu petugas lektor Bu Rini, maka Rm. Bambang mencari pengganti dan mendapatkan Mas Ardy, salah satu karyawan Domus.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...