Sunday, December 24, 2023

Lamunan Hari Raya


Natal Pagi

Senin, 25 Desember 2023

Lukas 2:15-20

15 Setelah malaikat-malaikat itu meninggalkan mereka dan kembali ke sorga, gembala-gembala itu berkata seorang kepada yang lain: "Marilah kita pergi ke Betlehem untuk melihat apa yang terjadi di sana, seperti yang diberitahukan Tuhan kepada kita." 16 Lalu mereka cepat-cepat berangkat dan menjumpai Maria dan Yusuf dan bayi itu, yang sedang berbaring di dalam palungan. 17 Dan ketika mereka melihat-Nya, mereka memberitahukan apa yang telah dikatakan kepada mereka tentang Anak itu. 18 Dan semua orang yang mendengarnya heran tentang apa yang dikatakan gembala-gembala itu kepada mereka. 19 Tetapi Maria menyimpan segala perkara itu di dalam hatinya dan merenungkannya. 20 Maka kembalilah gembala-gembala itu sambil memuji dan memuliakan Allah karena segala sesuatu yang mereka dengar dan mereka lihat, semuanya sesuai dengan apa yang telah dikatakan kepada mereka.

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, pewartaan iman merupakan salah satu kegiatan penting bagi umat Kristiani. Pewartaan iman banyak dipahami sebagai pendalaman dan penyebarluasan agama.
  • Tampaknya, seorang pewarta iman harus memiliki pengetahuan keagamaan. Kalau bisa memiliki pengetahuan akademis ilmu ketuhanan, orang bisa memiliki keunggulan dalam tugas pewartaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bertgaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun hidup beriman kerap dikaitkan dengan penghayatan keagamaan, pewartaan iman terutama berlandaskan pada pengalaman tersadarkan oleh sukacita akan hadirat Tuhan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa pewartaan iman sebagai penghadiran hidup tersapa Tuhan adalah tugas siapapun tanpa syarat keilmuan apapun.  

Ah, pewarta iman utama adalah lulusan teologi.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...