Saturday, December 30, 2023

Kunjungan-kunjungan Sesudah Natal 2023

Dalam pikiran Rm. Bambang, yang biasa membuat berita tentang Domus, sehabis perayaan Natal 25 Desember umat akan sibuk di Lingkungan masing-masing. Mereka akan mengadakan perayaan Natal bersama umat se-Lingkungan. Banyak yang meminta romo datang untuk memimpin Misa Natal di Lingkungan. Rm. Bambangpun termasuk yang diminta Natalan Lingkungan. Itu terjadi pada tanggal 28 Desember 2023 di Lingkungan Pedaran, Paroki Klepu. Ada juga umat yang mengadakan hajatan perkawinan sesudah 25 Desember. Rm. Bambang juga mendapatkan undangan menghadiri perkawinan di Klaten pada tanggal 31 Desember 2023. Semua kesibukan umat tampaknya juga memanfaatkan banyaknya warga Katolik yang tinggal di luar Jogja dan mudik liburan. Gambaran kesibukan seperti itu membuat Rm. Bambang juga menggambarkan akan sepinya Domus Pacis Santu Petrus dari kedatangan pengunjung.


Namun yang terjadi ternyata tidak seperti yang dipikir oleh Rm. Bambang. Ternyata Domus Pacis tidak sepi dari kunjungan. Bahkan sehari sesudah Natalan, tanggal 26 Desemebr 2023, ada kunjungan dari Panitia Natal Paroki Kumetiran sementara Rm. Hartanta dan Rm. Bambang pergi melayani Misa ujub keluarga. Rm. Hartanta di Jalan Wonosari dan Rm. Bambang di Gamping. Dan pada hari yang sama itu pula, pada siang hari ada kunjungan Kuria Keuskupan Agung Semarang yang terdiri dari Uskup, Vikjen, Sekretaris, Ekonom, dan Wakil Ekonom. Selain datangnya rombongan tamu untuk semua romo, Domus juga diramaikan dengan hadirnya beberapa tamu untuk romo-romo tertentu secara pribadi. Rm. Bambang termasuk yang mendapat kunjungan pribadi, yaitu keluarga almarhum Romo Diakon Hartoko yang wafat ketika hampir tahbisan 8 Desember 1978. Almarhum adalah teman Rm. Bambang sejak SMA sehingga hingga kini masih ada hubungan dengan keluarga almarhum. Karena Rm. Yadi menjadi angkatan di Kentungan, beliau juga diajak menemui. Rm. Bambang pada hari berikutnya juga mendapatkan tamu dari Tangerang, yaitu Ibu Yanti bersama suami dan anak-anaknya pada tanggal 28 Desember 2023. Kemudian pada Jumat 29 Desember 2023 ada 2 rombongan tamu untuk semua romo. Yang pertama rombongan Prodiakon Paroki dari Paroki Kebon Arum pada pagi hari. Sedang di siang sekitar jam 14.00 yang datang adalah Panitia Natal Paroki Tanah Mas, Semarang. Sedang hadirnya Umat Lingkungan Lempuyangan Paroki Kotabaru pada Minggu 31 Desember 2023 akan menjadi kisah tersendiri.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...