Friday, December 1, 2023

Lamunan Pekan BIasa XXXIV

Sabtu, 2 Desember 2023

Lukas 21:34-36

34 "Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatu jerat. 35 Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini. 36 Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia."

Butir-butir Permenungan

  • Tampaknya, orang akan dipandang bermoral kalau sadar hidup ini terbatas waktunya. Kematian akan datang pada setiap orang.
  • Tampaknya, untuk itu orang akan menjaga diri agar tidak tenggelam dalam nafsu enak dan senang duniawi. Dia akan menjauhi berbagai undangan yang hanya untuk pesta.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sekalipun selalu menjaga kesederhanaan dalam makan dan menjauhi pesta-pesta, orang belum tentu bebas dari kemabukan duniawi kalau hatinya tak bebas dari yang hanya menyenangkan berkaitan dengan hal duniawi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa dengan membuka hati untuk menerima apapun sesuai dengan realitas diri, itu sudah berarti siap menghadapi saat Tuhan memanggil masuk keabadian.

Ah, kalau tersedia yang enak-enak, mengapa harus menyingkiri.

No comments:

Post a Comment

Santo Bruno, Pengaku Iman

diambil dari https://www.imankatolik.or.id/kalender/6Okt.html Bruno lahir di kota Koln, Jerman pada tahun 1030. Semenjak kecil ia bercita-ci...